Agen Judi Online

Tuesday, June 14, 2016

Tenaga Kerja Indonesia 'Cari Celah' Hukum di Inggris

London - Dikala tenaga kerja Indonesia (TKI) melarikan diri dari majikan mereka yg berasal dari Timur Tengah waktu mereka diboyong ke Inggris, sebahagian agung TKI tak mengambil pula dokumen. Jika serta ada visa kerja, dokumen ini jadi tidak berlaku sbg konsekuensi dari perbuatan kaburnya.

"Peraturan imigrasi diubah utk mengembalikan maksud semula merupakan mengijinkan visitor(ke Inggris) ditemani oleh para pekerja domestik mereka yg telah jadi bidang dari keluarga mereka diluar negara." - Kementerian Dalam Negara Inggris

Tetapi bagaimanakah mereka sanggup bersi kukuh tinggal & bekerja di Inggris yg belakangan mengaplikasikan peraturan ketat kepada pendatang tanpa izin?

Yati miliki kisah. Wanita asal Indramayu, ja-bar itu pernah jadi tenaga kerja tidak legal sesudah melarikan diri dari majikannya, satu orang diplomat Arab Saudi, kepada thn 2009 silam & sejak itu beliau belum dapat pulang utk menengok anak semata wayangnya.

Menelusuri trayek masuk beberapa ratus TKI yg bekerja di Inggris
Tiba di London, TKI 'melihat peluang' kabur


Yati dianggap menyalahi peraturan keimigrasian Inggris, dikarenakan pekerja domestik yg diboyong ke negeri ini oleh diplomat tak boleh berpindah majikan.

"Visaku diplomat (visa pekerja domestik buat keluarga diplomat). Soalnya saya dari Indonesia segera ke sini. Semestinya mesti satu majikan tetapi saya kabur," papar Yati.

Pencari suaka

Adapun alasannya kabur merupakan masalah penghasilan.

"Dulu perjanjiannya US$5.000 (kurang lebih Rp66 juta) tetap di sini hanya diberi satu bulannya £150 (kurang lebih Rp2,8 juta)".

Sampai sekarang ini permohonannya buat memperoleh izin menetap di Inggris tetap diproses di pengadilan. Diinginkan bersama pertolongan LSM tenaga kerja domestik Kalayaan & Instansi hukum Legal Aid, banding permohonan izin tinggalnya dapat dikabulkan oleh pengadilan tinggi.

Tiap-tiap bln, dirinya menyetor sebahagian gajinya ke Instansi pertolongan Legal Aid utk mengurus izin tinggal. Utk sementara dia memegang card pencari suaka dikarenakan dianggap korban perdagangan manusia.

Ika, yg meminta namanya disamarkan lantaran khawatir sanggup diringkus, telah berada di Inggris sewaktu enam th tidak dengan izin kerja & tidak dengan sanggup pulang ke Indonesia.

"Saya bekerja tak konsisten, kalau ada yg memerlukan saja. Dibayar cash menjadi tak butuh membayar pajak," ungkapnya dalam wawancara di suatu restoran di pinggiran London barat.

'Celah'

Di Inggris tiap-tiap orang yg bekerja wajib mempunyai National Insurance (NI) atau No. sumbangan wajib pajak pendapatan utk skema negeri kesejahteraan, yg antara lain buat membiayai pelayanan kesehatan, pendidikan & dana pensiun.

"Kalau sakit, aku pinjem No. NI & nama sahabat utk ke dokter, atau jikalau tak serius ya pass diobati sendiri," jelas Ika berkenaan dengan cara apa dia berurusan bersama klinik atau hunian sakit yg meminta identitas dari pasien sebelum memberikan perawatan.

Minister Counsellor dari sektor Protokol & Konsuler di KBRI London, Eka Aryanto Suripto, mengakui benar-benar terdapat celah-celah tertentu yg barangkali akan diperlukan biar tenaga kerja mampu tetap bekerja di Inggris.

"Umumnya, yg masihlah mereka upayakan yakni bakal menghubungi solicitor atau pengacara di sini & ada trik mereka mengulur ketika atau mereka sanggup mencarikan majikan. Asalkan benar-benar ada majikan yg baru & mereka ingin menjamin, tetapi mesti ada hitam diatas putihnya. Jika telah ada jaminan begitu, rata-rata mereka tetap sanggup tinggal di sini," menurutnya.

Tapi jasa pengacara pun tak murah. Sekali konsultasi, kantor-kantor pengacara rata-rata memasang tarif £20-50 (kira kira Rp380.000-950.000) buat satu kali konsultasi.

Anggaran tersebut masihlah belum termasuk juga lagi anggaran jasa pengacara di sidang & anggaran permohonan perpanjangan visa kerja yg ditetapkan £811 (lebih kurang Rp15 juta) apabila mengirimkan permohonan melalui pos, atau £1.311 (kurang lebih Rp25 juta) apabila datang segera.

Urus paspor 

makanya, menurut Eka Aryanto Suripto, KBRI tak mendorong tenaga kerja Indonesia tidak dengan dokumen komplit buat konsisten bekerja di Inggris.

"Karena kami benar-benar telah menonton sejak 2012 itu amat sangat ketat sekali & dapat sulit sekali bagi mereka utk mendapati izin tinggal," tuturnya.

"Seandainya paspor itu dipegang majikan, kita upayakan agar paspornya sanggup kembali & hasilnya yg bersangkutan pulang," kata Eka Aryanto Suripto, Minister Counsellor dari sektor Protokol & Konsuler di KBRI London.

Dalam keterangan terdaftar pada BBC Indonesia, Kementerian Dalam Negara Inggris -yang antara lain membawahi pekerja domestik asing- menyampaikan sejak 2012 visa pekerja domestik cuma berlaku sewaktu enam bln & mesti ke luar dari Inggris dengan majikan mereka sesudah tempo itu. Adapun anggaran visa ini £305 atau setara dgn Rp7,6 juta.

Ketetapan itu berlaku bagi mereka yg masuk ke Inggris kepada 2012 & setelahnya, tapi tak berlaku bagi mereka yg telah bekerja di Inggris sebelum thn tersebut.

"Peraturan imigrasi diubah buat mengembalikan maksud semula yakni mengizinkan pengunjung(ke Inggris) ditemani oleh para pekerja domestik yg telah jadi sektor dari keluarga mereka di luar negara."

Risiko deportasi

Apa yg dialami Yati & Ika, kata Catherine Kenny dari Kalayaan, jamak berlangsung biarpun tak ketahuan berapa keseluruhan tenaga kerja gelap asing di Inggris.

"Ada beberapa orang yg datang ke Inggris, sebab situasi mereka teramat menyedihkan, dapat masihlah berada di Inggris ini dengan cara gelap. Seandainya mereka miliki pilihan, pasti mereka dapat memperbarui visa & itulah yg sejatinya berjalan sewaktu kami mendampingi mereka tatkala bertahun-tahun," tuturnya.

Para pekerja domestik asing, menurut Catherine Kenny, merasa mesti mengirim duit pulang maka terpaksa bekerja dengan cara gelap. - BBC Indonesia

Terhadap biasanya, kata beliau, mereka tidak miliki niat utk jadi tenaga kerja gelap di Inggris sebab risikonya berat, termasuk juga dipulangkan paksa & tak boleh kembali ke Inggris tatkala 10 th setelahnya.

"Malangnya, dgn system visa baru yg mengharuskan pekerja domestik tidak berpindah majikan, mereka tidak barangkali memperpanjang visa, sementara di negeri asal, mereka jadi tumpuan ekonomi keluarga," terang Catherine Kenny.

Meski bukan negeri maksud pengiriman TKI, di Inggris terdapat beberapa ratus tenaga kerja Indonesia di bagian domestik. Kepada rata rata mereka masuk ke Inggris dipindah oleh majikan dari negara-negara Timur Tengah & Asia.

Tulisan ini yakni sektor dari laporan husus berkaitan TKI di Inggris menjelang peringatan Hri Pekerja Domestik Internasional terhadap 16 Juni; di BBCIndonesia.com mulai sejak Kamis (09/06) & di Radio BBC Indonesia mulai sejak Senin (13/06) siaran pukul 06.00 WIB. 

Post a Comment

Film

Hiburan

Celeb

 
Copyright © 2014 Berita Online 24