Agen Judi Online

Wednesday, June 15, 2016

Mengintip Sekelumit Romantisme Bung Karno Ketika Diasingkan di Bangka

Pangkalpinang - Bung Karno sempat diasingkan oleh Belanda di Pulau Bangka terhadap th 1948. Berada jauh dari keluarga tidak menghilangkan sudut romantisme Presiden mula-mula Republik Indonesia itu.

Salah satu jejak romantisme Bung Karno kelihatan dari surat yg dikirimkannya pada ibu negeri Fatmawati. Bung Karno mengirimkan photo ia waktu sedang duduk di kursi bersama kaki disilangkan. Ia mengenakan pakaian safari berkantung empat & peci pula sepatu pantofel juga sebagai ciri khas penampilannya. Di samping poto itu, sang Presiden menuliskan sepenggal kalimat buat sang istri :

"Fat, ini yaitu gambar mas terhadap dikala sehari di Muntok. Kurus ataukah gemuk?" catat Bung Karno yg diakhiri dgn tanda tangan di bawahnya.

dibawah photo Bung Karno telah ditambahi keterangan dari Fatmawati, yg menyebut bahwa surat tersebut dikirim oleh Bung Karno dari Muntok utk ia. Di balik photo Bung Karno ada pesan-pesan yg ditulis utk Fatmawati, tapi tak ditampilkan oleh pengelola.

Surat Bung Karno utk Fatmawati tersebut ditempelkan di salah satu lemari pajangan di Pesanggrahan Menumbing yg terletak di puncak Bukit Menumbing, Kecamatan Muntok, Kab Bangka Barat. Surat itu yakni satu-satunya surat pribadi yg dipajang. Sementara yg yang lain yaitu keterangan-keterangan resmi seperti kabar dari surat info & foto-foto jumpa.

"Surat itu original seluruh, dikumpulkan dari orang-orang," kata pengelola Pesanggrahan Menumbing, Tejo ketika ditemui di tempat, Pekan (12/6/2016).

sekarang Pesanggrahan Menumbing dijadikan cagar budaya oleh pemerintah setempat. Kawasan ini tetap terawat bersama baik. Keadaan lingkungannya pun tetap asri berupa perbukitan bersama lembah yg curam & dikelilingi hutan lebat. 

Post a Comment

Film

Hiburan

Celeb

 
Copyright © 2014 Berita Online 24